Agustus 23, 2012

Cara menghapus Partisi system reserved 100 MB ketika Install Windows 7

Cara menghapus Partisi system reserved 100 MB ketika Install Windows 7



System partisi Windows 7 sedikit berbeda dengan Windows versi sebelumnya. Memang hal tersebut tidak akan menjadi masalah bagi anda yang mempunyai harddisk berukuran “bongsor”. Tetapi akan sangat mencekik bagi yang punya harddisk dengan kapasitas pas-pasan. Setelah selesai diinstall, dalam disk menagement akan tampak sebuah tambahan partisi harddisk yang berada pada sekat paling awal berukuran 100 MB. Partisi tersebut dikenal dengan istilah system reserved. Ukurannya sebenarnya tidaklah terlalu besar, hanya kisaran 100 MB saja.
System Reserved merupakan label pada partisi yang berukuran kurang lebih 100-200MB dan dibuat oleh windows 7 pada saat proses instalasi,biasanya di dalam partisi ini terdapat boot files dan Windows Recovery Environment (WinRE) yang biasanya di pakai oleh komputer untuk proses booting kapanpun jika ada masalah pada proses booting/recovery.Selain itu Disk Management tidak mengizinkan partisi ini untuk di remove/format karena jika partisi tersebut di remove akan menyebabkan system tidak bisa boot.
Nah, biar partisi ini tidak dibuat dan tidak muncul setelah instalasi selesai, maka kita harus melakukannya pada saat instalasi Windows 7 tersebut. Berikut beberapa langkah yang mungkin bisa dicoba untuk menghapus partisi System Reserved guna menghemat kapasitas harddisk yang minim :
  1. Pada saat setup instalasi windows khususnya pada bagian “Where do you want to install Windows?”,klik drive options (advanced) untuk menghapus partisi yang ada dan membuat partisi yang baru.
  2. Berikutnya muncul pesan “To ensure that all Windows features work correctly, Windows might create additional partitions for system files.”.Klik OK..
  3. Dua partisi akan di buat, Partisi System Reserved (Disk 0 Partition 1) dengan size 100.00 MB, dan Primary Partisi (Disk 0 Partition 2) dengan alocated space kurang dari 100MB.
  4. Delete Primary Partisi yang telah di buat tadi.
  5. Klik OK jika muncul pesan “The partition might contain recovery files, system files, or important software from your computer manufacturer. If you delete this partition, any data stored on it will be lost”
  6. Semua disk space didalam partisi akan menjadi unallocated space. Berikutnya klik System Reserved Partition, dan klik Extend.Sesuaikan disk space sesuai kebutuhan dan klik Apply.
  7. Klik OK,jika muncul pesan “Extending a partition is not a reversible action. If you proceed, you will not be able to undo this action later.
  8. Klik Partisi Extended System Reserved, dan klik Format.
  9. Klik OK jika muncul pesan “The partition might contain recovery files, system files, or important software from your computer manufacturer. If you format this partition, any data stored on it will be lost.”
  10. Setelah proses Formating selesai, Partisi System Reserved sekarang akan menjadi Partisi System biasa/normal. Dan berikutnya kita bisa install windows seperti biasanya..
  11. Cukup sekian tutorial kali ini, dan sebagai info tambahan file system Windows Recovery Environment (WinRE) akan di simpan di C:Recovery
NB : Ada baiknya membackup data penting anda terlebih dahulu,harap berhati-hati karena jika anda kurang teliti alias sambil ngelamun resiko kehilangan partisi penting dapat terjadi, jadi keep on ur eyes and calm down.
sumber : http://www.kaskus.us/showpost.php?p=483287566&postcount=1158

Kata kunci terkait dengan postingan :

cara menghapus partisi, cara menghapus system reserved, cara menghilangkan system reserved, fungsi system reserved, system reserved, system reserved partition, system reserved pada windows 7, cara menghapus partisi windows 7, fungsi system reserved pada windows 7, apa itu system reserved, menghapus system reserved, cara menghilangkan system reserved pada windows 7, partisi system reserved, kegunaan system reserved, cara menghapus partisi pada windows 7, menghapus partisi system reserved, cara hapus system reserved, fungsi system reserved windows 7, fungsi partisi system reserved, menghapus partisi, menghapus partisi windows 7, cara menghapus partisi di windows 7, cara menghapus partisi windows xp, cara menghapus partisi system reserved, system reserved windows 7, partisi windows 7 ultimate, menghilangkan system reserved, cara menghilangkan partisi, cara menghilangkan partisi system reserved, system reserved adalah, cara menghapus partisi unallocated, cara menghilangkan sistem reserved, CARA hapus partisi, menghapus partisi di windows 7, hapus partisi windows 7, system reserved 100mb, cara menghapus partisi c, cara menghapus partisi yang unallocated, system reserved 100mb windows 7, fungsi drive system reserved, harddisk system reserved, cara menghapussytem reserved secara permanen pada windows 7, menghilangkan partisi system reserved, menghapus partisi pada windows 7, cara delete partisi, cara hapus partisi system reserved, cara partisi saat instal windows 7, fungsi system reserved di windows 7, cara menghilangkan drive system reserved, cara menghapus partisi hardisk windows xp Artikel Terkait
  1. Cara mudah partisi harddisk di windows 7 dengan MiniTool Partition Wizard Home Edition
  2. Cara Recovery Partisi Pada HDD Dengan EASEUS Recovery Partition
  3. Cara membuat partisi di Windows 7
  4. Partisi Harddisk Dengan EASEUS Partition Manager
  5. Cara Menambah partisi baru hard disk dengan partition magic 8.0
  6. Cara merge atau menggabungkan partisi menjadi satu menggunakan Easeus Partition Manager Pro
  7. Cara menampilkan kembali partisi yang hilang di my computer
  8. Cara cepat install windows 7
  9. Cara Disable Screensaver ketika memutar video di windows 7
  10. Cara Upgrade/Install Windows XP ke Windows 7 Ultimate
  11. Cara Perbaiki windows dengan Recovery Console
  12. Cara menghapus file secara permanen
  13. Cara menghapus file yang terkunci pada windows 7 tanpa bantuan software
  14. Cara memperbaiki Windows XP tanpa install ulang
  15. Cara Membaca Partisi Linux di Windows

Tidak ada komentar: