Mei 10, 2012

Sekilas Tentang Jaringan Komputer


SEKILAS TENTANG JARINGAN KOMPUTER

Sebenarnya apa yang ada di fikiran kalian tentang jaringan komputer ? Nah pada kesempatan kali ini saya seditik akan berbagi ilmu tentang jaringan komputer di bawah ini telah dirangkum beberapa pembahasan mengenai jaringan komputer.
A.   Pengertian Jaringan
Jaringan komputer ialah Himpunan interkoneksi antara dua komputer atau lebih yang terhubung dengan menggunkan media tranmmision kabel ataupun wireless.
Jaringan komputer ialah sebuah system yang terdiri atas komputer dan perangakat jaringan lainya yang bekerja.
Jaringan komputer ialah sebuah kumpulan komputer printer dan peralatan lainya yang terhubung dalam satu kesatuan.
Jaringan komputer ialah sekumpulan dari sejumlah perangakat berua komputer, Hub, Switch, Router, atau peragkat jaringan lainnya yang terhubung dengan menggunakan media tertentu.
B.   Secara Umum Jaringan Komputer terbagi menjadi Lima tetapi yang sering kita temui yaitu ada Tiga. Berikut Jenis-jenis jaringan Komputer
1.   Local Area Network (LAN)
LAN Merupakan jaringan milik pribadi didalam sebuah gedung atau kampus yang berukuran beberapa KM. LAN seringkali digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi atau workstation dalam kantor atau perusahaan atau pabrik-pabrik untuk memakai sumber daya misalnya Printer, dan saling bertukar informasi (Sharing).
2.   Metropolitan Area Network (MAN)
MAN pada dasarnya merupakan persi LAN yang berukuran lebih besar dan biasanya menggunkan tekhnologi yang sama dengan LAN. MAN dapat mencakup kantor-kantor perusahaan yang letakny berdekatan atau juga kota dan dapat dimanfaatkan untuk keperluaan pribadi atau umum MAN mampu menunjukan data dan suara banhkan dapat berhubungan dengan jaringan televisi kabel.
3.   Wide Area Network (WAN)
Wan mencakup daerah geografis yang luas sering kali mencakup sebuah negara bahkan benua. WAN terdiri dari mesin-mesin yang bertujuan menjalankan aflikasi-aflikasi atau program.
4.   Internet (International Networking)
Sebenarnya terdapat banyak jaringan di dunia ini seringkali menggunakan software dan hadware yang berbeda-beda orang yang tergabung ke jaringan sering berharap untuk berkomunikasi dengan orang lain yang terhubung ke jaringan lainya. Keinginan seperti ini diperlukan sebuah mesin yang disebut gatway. Guna melakukan hubungan dan melaksanakan terjemahaan yang diperlukan baik segi software maupun hadware. Kumpulan inilah yang kemudian disebut internet.
5.   Jaringan Tanpa Kabel (Wireless)
Jaringan tanpa kabel (wireless) merupakan solusi terhadap komunikasi yang tidak bisa dilakukan dengan jaringan yang menggunakan kabel

Tidak ada komentar: