Januari 06, 2012

Cara Mengubah Nama Partisi Windows XP Menggunakan GParted via Ubuntu


Cara ini khusus untuk pengguna dua buah sistem operasi secara ‘dual-boot’, terutama yang menyandingkan Windows XP denganLinux Ubuntu. Bagi yang menggunakan Windows 7, Anda tak perlu menggunakan trik ini. Cukup manfaatkan tool bawaan Windows 7 pada menu ‘Disk Management’ di Control Panel. Selengkapnya bisa dibaca di Change, Add, or Remove a Drive Letter on Windows 7 (microsoft.com).
Nah, bagaimana jika ingin mengubah nama partisi Windows XP? Berhubung tool ‘Disk Management’ bawaan Windows XP punya keterbatasan (cuma bisa mengubah nama partisi dalam bentuk ‘alphabet’ atau abjad tunggal), maka jika ingin lebih leluasa, kita bisa memanfaatkan tool lain yang lebih lengkap fiturnya. Salah satu tool tersebut yaitu GParted (Gnome Partition Editor).
GParted adalah sebuah utilitas atau perangkat lunak ‘open source’ untuk melakukan segala pekerjaan yang berhubungan dengan masalah partisi ‘hard-disk’ (misalnya membagi, membuat, mengubah nama label, me-’resize’, maupun menghapus partisi). Tool/alat ini juga bisa digunakan untuk jenis perangkat/’device’ berupa ‘removable storage’. Jadi tidak terbatas pada ‘hard-drives’.
Awalnya GParted hanya berjalan pada sistem operasi Linux (seperti Ubuntu). Namun pada perkembangannya, kini GParted sudah tersedia pula untuk sistem operasi Windows. Saya sendiri belum mencoba untuk versi Windowsnya, berhubung ukuran file ‘installer’nya yang cukup besar, yakni sekitar 100-an MB.
Di sini saya akan menggunakan GParted bawaan Linux Ubuntuuntuk mengubah nama partisi Windows XP. Sebenarnya ada 2 cara yang bisa kita pilih.
  1. Cara pertama, yaitu melalui Live CD Ubuntu. Jadi, kita masuk/’booting’ melalui Live CD Ubuntu. Kemudian membuka aplikasi GParted untuk melakukan ‘rename’/pengubahan nama label partisi Windows XP. Secara default, Live CD Ubuntu sudah terinstall GParted. Jadi, ia sudah siap kita gunakan.
  2. Cara kedua, yaitu dengan cara masuk dulu ke sistem operasiUbuntu saat ‘booting’ melalui ‘dual-boot’. Jadi, tidak melalui Live CD, melainkan langsung masuk ke Ubuntu yang sudah kita install. Namun untuk mengaktifkan GParted pada Ubuntu yang sudah terinstall, kita harus melakukannya melalui menu ‘Synaptic Package Manager’. Jadi, kita install/aktifkan dulu Gpartednya secara manual, baru bisa kita gunakan. Caranya bisa Anda baca pada How to Install GParted in Ubuntu (www.ehow.com).
Nah, sekarang saya asumsikan Anda sudah menginstall GParted pada Ubuntu Anda. Mari kita melakukan ‘rename’ atau pengubahan nama partisi Windows XP. Langkah-langkahnya sebagai berikut:
  1. Buka aplikasi GParted. Jika Anda menggunakan dekstop klasik, cari melalui menu ‘System’ > ‘GParted Partition Editor’ (pada taskbar atas). Di sisi lain, jika Anda menggunakan dekstop Unity, silakan buka menu daftar aplikasi, lalu pada kotak pencarian, ketik saja ‘GParted’. Sistem akan meminta Anda memasukkan password saat akan membuka aplikasi ini.
    Di bawah ini adalah contoh tampilan aplikasi GParted yang sudah terbuka. Coba tebak, manakah yang merupakan partisi Windows?
    sebelum diubah
    Coba amati bagian keterangan pada ‘File System’, terutama yang berupa NTFS dan fat32. Itulah partisi milik sistem operasi Windows. Dalam hal ini Windows XP di laptop saya. Nah, di sini saya akan mengubah nama kedua partisi tersebut.
    Partisi yang menggunakan ‘file-system’ NTFS adalah partisi C pada Windows (yang merupakan tempat utama file-file Windows). Ternyata ia belum mempunyai nama/label. Sedangkan partisi yang menggunakan ‘file-system’ fat32 adalah partisi D milik Windows. Dalam hal ini namanya yaitu DISK1_VOL2 (jika mengacu pada contoh gambar di atas).
    Nah, di sini kita akan mengubah nama partisi D tersebut.
  2. Pilih/klik satu kali pada list partisi yang akan kita ubah namanya. Misalnya partisi D yang berlabel DISK1_VOL2.
    pilih partisi
  3. Klik kanan pada bagian partisi yang akan kita ubah namanya, lalu klik list menu ‘Label’.
    klik kanan
    Maka akan muncul kotak ‘pop-up’ kecil seperti di bawah ini.
    nama asal
  4. Ubah/gantilah nama asal partisi tersebut dengan nama/label baru, lalu klik tombol . Misalnya saya akan mengubahnya menjadi DODOL ^_^
    nama baru
  5. Klik/pilih kembali nama partisi yang sudah kita ubah namanya tadi.
    pilih nama partisi baru
  6. Klik menu ‘Apply’ pada bagian atas (yang berupa tanda centang berwarna hijau).
    klik apply
  7. Klik tombol  pada kotak konfirmasi yang muncul.
    konfirmasi
  8. Tunggulah proses pengubahan nama selesai secara sempurna, lalu klik tombol  pada kotak ‘pop-up’ di akhir proses, terutama setelah muncul keterangan bahwa operasi sudah sukses secara komplet.
    close
Selesai. Silakan lihat perubahannya pada menu explorer.
Nah, dengan langkah yang sama, saya juga telah berhasil mengubah nama/label partisi C milik Windows XP saya. Lihat saja pada screenshot berikut ini.
hasil akhir
Bagian yang ditandai panah hijau adalah nama baru partisi Windows XP saya. Nama partisi C berubah menjadi JANGKRIKdan nama partisi D berganti menjadi DODOL ^_^
Nah, untuk membuktikan apakah proses di atas sudah berhasil, saya membuka menu ‘explorer’ dari Ubuntu dan juga Windows XP. Hasilnya bisa dilihat pada 2 buah gambar berikut.
ubuntu explorer
menu explorer Ubuntu
windows explorer
menu explorer Windows XP
Oya, langkah-langkah di atas juga berlaku jika Anda lebih memilih menggunakan GParted secara langsung melalui Live CD Ubuntu.
Selamat mencoba.

Tidak ada komentar: