Desember 28, 2011

manfaat jaringan komputer

Programming+Networking
jaringan Komputer
Ada pertanyaan yang selalu saya berikan kepada orang yang menanyakan tentang jaringan kepada saya. Apa sih manfaat jaringan komputer? Ternyata jawaban untuk pertanyaan simple ini sangat bervariasi dari yang menjawab agar bisa sharing file, bisa sharing koneksi internet, bisa main game jaringan, ada yang menjawab agar bisa chating, bisa internetan dan seabrek jawaban lain yang tentu saja jawaban yang tidak salah, namun jawaban tersebut tidak mengena pada inti yang ditanyakan.
Langsung saja, manfaat jaringan secara garis besar sebenarnya  cuma ada 2 yaitu “Berbagi sumberdaya dan Sebagai Media komunikasi”. Silahkan anda liat contoh jawaban diatas, bukankah semua jawaban diatas masuk kedalam kedua kriteria tersebut? biar lebih jelas akan saya buat daftar yang lebih mudah dipahami.
Jaringan sebagai media berbagi pakai.
Apa sih alasan orang berbagi pakai? alasan utama adalah karena keterbatasan sumber daya (komputer) dan Dana. Sebagai contoh dalam 1 kantor ada 10 komputer dan jika setiap pegawai di membutuhkan printer, tanpa ada jaringan, maka perusahaan membutuhkan 10 printer, dengan adanya jaringan, maka perusahaan hanya butuh 1 printer yang dibagi pake kesepuluh pegawai tersebut. Artinya perusahaan menghemat biaya sampai 90% hanya dari pengadaan printer.
jika kita daftar, berbagai sumber daya jaringan yang paling umum adalah
1. Berbagai file dan printer (file and printer sharing).
2. Berbagi koneksi internet
3. Berbagi Hardware (Misal CD ROM) yang dishare
4. Berbagi informasi misal web/Internet/Intranet.
Jaringan sebagai media komunikasi
Sebagai media komunikasi, jaringan telah menjadi salahsatu media komunikasi bagi sebagian besar Manusia . Beberapa layanan komunikasi berbasis jaringan internet adalah
1. Chating, Pesan instant, Email, Forum, milis dan Newsgrup
semua layanan tadi mempunyai satu fungsi, yaitu berkomunikasi, baik komunikasi kelompok ataupun komunikasi secara pribadi.
2. Komunikasi Multimedia
Semua komunikasi diatas selain menggunakan media text untuk berkomunikasi, sedangkan untuk komunikasi yang lebih canggih bisa mengandalkan VoIP untuk Komunikasi suara atau teleconference untuk komunikasi Audio Visual.
3. Media kolaborasi
Biasanya manfaat ini paling terasa diperusahaan, misal bagi para pekerja dalam satu tim yang bekerja tidak dalam 1 kantor. bentuk bentuk ini contohnya adalah kolaborasi online seperti membuat Wiki, Google Wave dan Collaboration Tool yang lain.
Seiring dengan perkembangan Internet, Manfaatnya pun melebar tidak hanya sebagai media berbagi dan media komunikasi tetapi sebagai media Bersosial seperti Facebook, Media bisnis (ecommerce) dan Media Hiburan (entertainment seperti Audio & Video streaming, Game online dsb)
Namun, Tetap saja bahwa manfaat jaringan komputer tetap berprinsip pada dua manfaat dasar diatas, yaitu Berbagi pakai dan media komunikasi.

Tidak ada komentar: